Kwartal itu berapa bulan ????

Ngga terasa KITA kuliah di Politeknik Negeri Bandung udah di penghujung tingkat 2, pdhal kmren2 tuh berasa baru daftar di Politeknik tercinta KITA ini . Seminggu terakhir ini KITA telah menghadapi UAS smster 4 yg cukup mudah dilewati tanpa rintangan yg cukup berarti . Namun, masih ada sesuatu yg mengganjal di hati dan pikiran saya, soalnya ada sswtu yg sepele tp cukup mmbuat saya bingung dan hal itu terjadi pada saat UAS anggaran . kdngerannya emg lebay tpi saya rasa perbedaan persepsi ini tampaknya harus disamakan . saya masih bingung dengan kata "KWARTAL" . saya bersi keras dengan pndapat saya kalau 1 KWARTAL itu SAMADENGAN 3 BULAN, tpi byk org yg keukeuh dgn pndapatnya klu 1 kuartal itu samadengan 4 bulan, ditambah dalam soalnya pada 1 tahun produksi ada 3 kwartal . akhirnya pda saat itu juga saya nge-googling lewat zylo saya, dan di sana saya tambah yakin klu pndapat saya emg bner . beberapa hari kmudian saya berselancar lagi lwt pc . lalu pada akhirnya saya menulis post-ingan ini untuk sharing ..

Di bawah ini saya kutip pengalaman seorang dosen di salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang nampaknya punya pengalaman sprti saya krena kebingungan dgn kata KWARTAL . cek dis ot..

"Bermula dari kelas di ruang 406 . Dalam pembahasan saya nyatakan bahwa 1 kwartal = 3 bulan , tetapi mahasiswa membantah dan mereka mengatakan bahwa 1 kwartal = 4 bulan . Saya tanya dari mana kalian tahu itu . Mereka menjawab dari kuliah yang diajarkan oleh ibu dosen yang mengajar dikelas itu dan mereka menunjukkan fotocopy dari dosen ybs, disana nyata jelas tertulis 1 kwartal= 4bulan . Saya tidak puas dan saya jelaskan bahwa "kwartal"diambil dari kata "Quarter" yang berarti seperempat. Jadi satu tahun dibagi menjadi 4 kwartal. Nah kalau satu tahun 12 bulan berarti 1 kwartal = 1/4 X 12 = 3 bulan . (Matematika nya jelas) . Penasaran saya kemudian dilanjutkan dengan mencoba bertanya kepada beberapa rekan dosen lainnya dan ternyata dari beberapa dosen pun ada yang mnajawab bahwa 1 kwartal = 4 bulan. Beberapa mengatakan bahwa "kwartet" kan artinya empat . Memang benar kwartet= 4 ,namun kwartal yang kita gunakan berasal dari kata Quarter yaitu seperempat. Ini sungguh menyedihkan dilembaga pendidikan tinggi masih ada yang tidak care terhadap hal-hal kecil macam ini. Jika kita lihat Laporan di BEJ juga ada laporan kwartal ke empat , berarti 1 kwartal 3 bulan juga. Sejak saya duduk di kelas 3 Sekolah Dasar memang 1kwartal = 3 bulan.
Dari kejadian ini saya menghimbau kepada sesama kolega dosen STEI - marilah kita memberikan informasi yang benar kepada mahasiswa . Jadi yang benar adalah 1 kwartal = 3 bulan dan "Bukan" 4 bulan."

Dari cerita dosen tsb kata 'kwartal' sudah di ajarkan pada kelas 3 Sekolah Dasar, nya piraku we mahasiswa perguruan tinggi sekelas POLBAN masih ada yang mikir klu 1 kwartal = 4 bulan . saya juga nyoba cari2 sumber yg lain, dan saya liat ada laporan keuangan google kwartal 4 (silahkan dibuka Laporan Keuangan Google Kwartal 4 tahun 2010). coba temen2 pikir !! klu 1 kwartal 4 bulan, berarti 1 tahun ada 3 kwartal, masa iya sih ada laporan keuangan google kwartal 4 .

Untuk bahan eferensi yang lain bisa dilihat di :

tulisan saya ini hanya utk sharing apa yg saya tau . klu saya salah mohon diingatkan . semoga bermanfaat . makasih ..

2 komentar:

  1. iya cih, catur wulan kan 4 bulan,...

    BalasHapus
  2. Seingat saya, kata 'kwartal' dulu sering digunakan waktu saya masih duduk di Sekolah Dasar yang pada suatu waktu pernah menerapkan 'term' sebanyak 4 bagian masing-masing berisi 3 bulan dalam satu tahun ajaran. Tetapi karena terjadi perubahan kurikulum, satu 'term' berubah menjadi 4 bulan yang disebut 'catur wulan' sehingga satu tahun dibagi menjadi 3 'term'. Hanya saja, karena kurang pemahaman atas asal usul 'kwartal', maka satu 'term' yang terdiri dari 4 bulan ini tetap disebut sebagai kwartal.

    BalasHapus